Skip to main content

10 Hours in Jakarta



Back to a few weeks ago, ketika gua menghabiskan akhir pekan di Jakarta, lagi. Tepatnya akhir bulan Februari kemarin. Gua bersyukur sih bisa kembali lagi kesana, ketemu teman-teman yang akhir tahun lalu baru gua kenal.

Gua sempat ragu kesana atau engga. Dan mungkin memang sangat amat disayangkan kalau gua gak kesana. Acara yang diadain di kantor Bukalapak itu mempertemukan gua kembali dengan anak-anak Femalegeek Pusat. Gua ketemu lagi sama teman-teman femalegeek Jabodetabek dan bahkan ketemu teman baru. Tapi bukan hanya teman yang gua dapat, juga ilmu yang bermanfaat ceilah.

Yang paling bikin gua bersyukur ialah ketika gua ikut sesi mentoring bersama Female engineers BL. Cool, kesan pertama gua waktu ketemu mereka. Gua pastikan mereka bukan sembarang orang dan memang orang-orang terpilih. Tapi mereka tetap makan makanan yang kita makan. So, gausah takut apalagi minder. Padahal gua sendiri minder awal-awal:v

Siapa sih yang gak tahu Bukalapak. Salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Gua ada mimpi sih bisa gabung jadi engineers BL haha. Someday deh ya. Btw gua agak gak nyangka bisa kesana dan ketemu sama mereka.

Ini memang udah lama banget, gua malah baru nulis sekarang. Jadi mungkin bakal cuma cerita sedikit. Ya, gua di Jakarta cuma 10 jam. Gua pesen kereta dari Bandung jam 5 dan pulang jam 8 dari Jakarta. Gua sampai disana sekitar pukul 10 kurang di Jatinegara. Dari Jatinegara gua naik KRL ke st. Pasar Minggu Baru. Disana gua ketemu sama teh Tia dan teh Aulia, temen waktu acara FemaleDev dari Facebook akhir tahun kemarin. Mereka agak gak percaya gua bolak-balik Bandung-Jakarta demi sebuah acara. Waktu acara fb kemarin kebetulan 2 hari dan gua nginep di teh Lita. Tapi sekarang bener-bener bolak-balik. Gua juga gak sadar haha.

Ohiya, gua juga kenalan sama temen baru, namanya teh Fenny. Dia kuliah IT sambil kerja di bagian keuangan. Dua hal yang berbeda, tapi keduanya bisa dikaitkan. Teh Fenny mau nyatuin antara IT dan accounting. Dalam hati, ya Allah, makasih udah ngenalin aku sama orang-orang hebat lainnya.

 Aku belajar banyak dari dia, salah satunya, kita bisa kuliah sambil kerja dan menitih karir sejak dini. Karena kuliah aja gak cukup. Teh Fenny nunjukin bahwa dia bisa kuliah sambil kerja, dan hasilnya gak merugikan. Btw, dia lagi nyusun skripsi. Teh Tia juga, kalau teh Aulia udah selesai tinggal wisuda. Gua kapan:v

Lanjut pas acara di BL. Di acara ini kami dibagi ke dalam 5 kelompok. Gua kelompok 3. Pertama-tama kita digiring untuk masuk ke ruangan berbeda tiap kelompoknya. Gua masuk ke ruang miting kayaknya. Sedang sih, cukup menampung temen sekelompok yang lumayan banyak, mungkin sekitar 30-50an orang. Yang masuk pertamakali ke kelompok gua adalah FrontEnd Engineer dan QA. Waktu itu gua masih memandang QA sebelah mata. Maksudnya gua gak tertarik buat di bagian QA gitu. Tapi baru-baru ini fikiran gua terbuka. QA gak sesederhana yang gua kira. Dan gua malah tertantang untuk mempelajarinya besok-besok. Btw lanjut nanti aja bahas QA nya.

Untuk Front End gua juga gak nanya sih haha. Gua cuma dengerin penjelasas. Intinya di BL itu sistem kerjanya bebas. Kita boleh kerja kapan aja, dimana aja, asalkan 40 jam perminggu. Enak kan. Kantor impian. Tapi untuk sekarang enggak kayaknya:v nanti gua lanjut cerita di lain part. Dan di BL udah ada divisi-divisi yang disebut Squad. Masing-masing squad ada tugasnya sendiri-sendiri. Walaupun kerjanya bebas, tapi semua sudah tertata sedemikian rupa dan jelas masing-masing orang ngerjain apa. Karena mereka menggunakan methode Agile dalam developmennya, jadi otomatis harus ada Standup meeting atau daily meeting atau sebutan lainnya, intinya miting yang bahas udah sejauh mana progress mereka. Dan hal itu akan dilakukan sesuai kesepakatan, ada yang seminggu sekali atau seminggu duakali itu tergantung ketua Squad masing-masing.

Untuk babak kedua, gua ketemua sama kak Angela, dari semua engineer gua ingetnya kakak ini haha. Dia seorang Back End Engineer, inilah alasan gua inget kak Angela, dipanggilnya enjela. Kak enjela masuk sama kaka Mobile Engineer yang gua lupa namanya, tapi orangnya keren. Ada lagi satu BE yang rambut pendek dan cool, tapi dia cewek. Gua mau nanya-nanya juga sama dia, tapi dia gak masuk ruangan gua dan gak ketemu pas acara udah selesai. Btw gua disana sampai sepi, karena nanya-nanya dulu sama kak enjela. Tapi tetep kurang puas.

Pertanyaan gua gak jauh-jauh dari apa sih yang dikerjain BE Bukalapak. Dan jawabannya gak jauh-jauh dari ngerjain API dan sejenisnya. Di BLbuat BE mereka pakai Python, Go, dan Ruby kalau gak salah. PHP udah ditinggalin. Iyalah abis sakitkan ya di PHPin mulu. Haha garing njir:v

Gua sebagai anak baru di dunia BE yang mainannya cuma PHP doang, Python jarang, Go sama Ruby masih buta, merasa ciut seketika. Jujur gua suka Python, scripnya gak ribet, seru juga kalau mainan data gak lama. Tapi, kerjaan gua selalu PHP jadi jarang ngulik Python. Apalagi Go sama Ruby:v

Kalau kata kak enjel dan orang-orang lain yang pernah gua temuin, yang penting itu algoritmanya, bahasa mah bisa apa aja dan gak susah buat migrasi ke bahasa lain kalau algoritmanya udah matang. Tapi Algoritma gua bahkan masih di dalam telur dan lagi berusaha ngebuka cangkangnya. Belum masuk ke wajan acan-acan. Nah loh bahasa gua ngawur. Gua minder, takut, sedih, kesel, ngerasa diri gua bego banget.

Hal lain yang gua temuin disana adalah kenyataan bahwa sesungguhnya cewek yang berminat di IT tuh ada, lumayan banyak, walaupun gak sebanyak cowok, tapi tetep aja ada ceweknya. Dan mereka bahkan lebih keren dari cowok-cowok bagi gua. Eh tapi gua gak lesbi:v

Kesan gua, acara ini super duper keren. Makasih buat FG pusat dan kak Anne endegeng. Btw kak Anne sendiri GM di BL jadi gak heran dia keluarin Engineers BL. Dijajahkan untuk melayani pertanyaan-pertanyaan kepo dari kita-kita.

Gua gak tau mau nulis apa lagi, tapi segitu dulu deh ya. Baybay haha:v


Comments

Popular posts from this blog

Belajar Gambar #1

Ini karya pertama gambar pake teknik arsir, ragu sih bikinnya takut jelek, tapi lumayan juga ternyata hasilnya^^ bikinnya sekitar 3hari-an. Yang paling susah itu pas bikin mata, karna memang butuh ketelitian, ceilah bahasanya.. ehehe :3  Kalo yang ini make teknik arsir juga, cuma yang ini pake pensil warna ngewarnainnya. Tapi matanya kelebaran, ehehe Saya buat gambar ini karna lagi kangen sama seseorang. Sebenernya dibawah tulisan "I miss you!" itu ada tulisan "prat" cuma saya hapus. rasanya aneh kalo ditulis namanya disitu. Kalo anime lovers ataupun otaku pasti tau ini siapa, yap betul KIRITO dari anime SAO. Gambar yang ini itu request dari temen fb, daripada ga ada kerjaan mending gambar aja. Tau ini siapa? mungkin kebanyakan ga tau, saya juga ga tau sih sebenernya. Kalo ga salah ini namanya Giotto dari anime ga tau apa saya juga. ini juga request dari temen fb. Tapi saya paling suka arsiran dibagian dasinya sama kerah. ga tau kenapa lagi bagus

Anak Kecil

Seseorang pernah berkata, " ketika anak kecil melakukan kesalahan, itu bukan sifat aslinya ". Anak-anak belajar dari lingkungan sekitar, hal-hal yang ia lihat dan apa yang diajarkan kepadanya. Jadi ketika kita melihat seorang anak berperilaku buruk, yakinlah bahwa perilaku ataupun sifat itu mungkin bukan sifat aslinya. Ia masih dapat diajarkan dan dituntun ke jalan yang benar. Terimakasih Umi dan Abah telah mengajarkan hal ini pada kami dan percaya pada anak kecil yang nakal itu .

Tentang Novel: Seorang Gadis yang Meminum Bulan

  Hebat bener ya bulan aja bisa di minum haha. Novel fantasi karya Kelly Barnhill ini memang menceritakan tentang gadis yang meminum (cahaya) bulan. Iya yang diminum cuma cahayanya, bukan bulannya yang dihabisin. Ini kisah tentang Luna yang berteman dengan kebohongan, mencari apa yang ia tidak ketahui dan menyesuaikan diri dengan keadaan. Juga tentang rakyat yang penuh penderitaan karena sebuah pengorbanan. Btw buku ini gue pinjem, dan kata yang punya buku, "gue gabisa bayangin monster-monsternya". Temen gue ini penggemarnya buku-buku fantasi dan aneh aja ketika gue dengar dia ngomong begitu. Karena waktu itu gue lagi suntuk banget dengan bacaan berat, akhirnya gue tetap nekat pinjam. Bodoh amatlah, bingung ya bingung deh. Yang penting gue butuh pengalihan dari buku-buku aneh--tapi butuh-- disekitar gue. Dan gue gak nyesel pinjem buku ini. Ternyata gak begitu buruk, mungkin karena gue gak mikirin banget gimana bentuk makhluk-makhluk yang ada di cerita. Gue memilih menikmati a